tips membeli laptop

5 Tips Membeli Laptop Sesuai Kebutuhan

Netplasa.com – Laptop yang diperjual-belikan dalam dua tahun terakhir ini memiliki kecanggihan dan daya tarik yang membuat seseorang ingin membelinya. Akan tetapi, fakta menunjukkan bahwa ada sebagian orang yang merasa kecewa sesaat setelah membeli laptop bagus tersebut. Alasannya karena laptop yang mereka pilih tidak sesuai dengan kebutuhan. Bisa jadi laptop itu memiliki spesifikasi rendah atau justru terlalu tinggi, padahal mereka tidak membutuhkan spesifikasi yang demikian. Oleh sebab itulah, penting sekali mencari informasi tips membeli laptop agar tidak membuang uang secara percuma.

Tips Membeli Laptop

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam rangka membeli laptop, mulai dari mencari laptop baru atau laptop bekas, memilih sistem operasi, memilih fasilitas sesuai kebutuhan, memilih ukuran laptop, dan koreksi keyboard serta touchpad. Semua hal itu perlu Anda lihat dengan detail agar membeli laptop benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk tips membeli laptop sendiri akan diuraikan di bawah ini.

tips membeli laptop
tips membeli laptop
  1. Baru atau Bekas

Sebelum membeli laptop, Anda tentukan dulu apakah mau membelinya dalam kondisi baru atau bekas. Apabila Anda akan membelinya dalam kondisi bekas, poin-poin yang diperhatikan sebenarnya sama seperti Anda membeli laptop baru. Akan tetapi, Anda harus siap kecewa karena tidak semua laptop bekas dapat digunakan dalam waktu yang lama. Untuk rekomendasi, sebaiknya Anda membeli laptop baru agar semua kondisinya dalam keadaan baru juga. Keuntungan lainnya masih ada garansi, sehingga jika terjadi kerusakan bisa langsung Anda ganti lagi dengan laptop baru.

  1. Memilih Sistem Operasi

Tips memilih laptop yang selanjutnya ialah memilih sistem operasi. Untuk pemula dan masih awam dengan sistem operasi mungkin akan merasa kebingungan. Sistem operasi yang tersedia sebenarnya banyak, akan tetapi sistem operasi yang sering kita temui adalah Windows dan Linux. Untuk sistem operasi yang mudah dioperasikan bagi orang awam bisa menggunakan Windows. Aplikasi, software, dan pemainan yang luncurkan melalui Windows dapat dengan mudah Anda operasikan.

  1. Memilih Fasilitas 2 in 1 Sesuai Kebutuhan

Di samping memilih sistem operasi agar laptop bisa dijalankan, Anda diutamakan memilih laptop dengan fasilitas 2 in 1. Ada laptop yang dapat dioperasikan menjadi tablet, namun lemah dari sisi daya tahan baterai. Kebanyakan laptop dengan fasilitas demikian hanya mampu bertahan Screen on Time selama kurang lebih 60-90 menit. Apabila Anda merasa butuh dengan fasilitas ini, maka sebaiknya Anda membeli laptop tersebut.

  1. Memilih Ukuran Laptop

Penting sekali memilih ukuran laptop yang akan digunakan, karena bisa jadi Anda akan membawanya dalam aktivitas sehari-hari. Ukuran laptop sangatlah beragam, mulai dari yang terkecil sampai terbesar. Dalam memilih ukurannya itu dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai referensi terdapat ukuran laptop mulai dari 11-12 inchi, 13-14 inchi, 15 inchi, dan 17-18 inchi.

  1. Koreksi Keyboard dan Touchpad

Keyboard dan touchpad punya peran penting dalam laptop, tanpa ada kedua hal ini laptop Anda tidak berati apa-apa. Untuk keyboard dan touchpad setiap laptop berbeda karena disesuaikan juga dengan ukurannya. Perbedaan keyboard dan touchpad ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Apabila laptop Anda digunakan untuk bekerja maka direkomendasikan beli laptop dengan keyboard yang mudah lepas.

Baca juga: 4 HP Terbaru OPPO 2019 yang Recommended Untuk Mengganti Ponsel Lama!

Demikianlah tips membeli laptop yang dapat Anda perhatikan sesuai kebutuhan. Semoga laptop yang Anda beli mampu mengcover pekerjaan yang akan Anda selesaikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.