Windows vs Linux

5 Perbedaan Linux dan Windows yang Perlu Dipahami

Netplasa.com – Sistem operasi merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah komputer. Apabila komputer Anda tidak menginstall sistem operasi, maka Anda tidak bisa menggunakan komputer tersebut. Sistem operasi bisa dikatakan sebagai sebuah jembatan antara piranti komputer dan Anda sebagai pengguna. Dengan adanya jembatan ini pengguna dapat melakukan pekerjaan dengan aplikasi tertentu yang dijalankan pada sistem operasi. Terdapat beberapa sistem operasi yang dapat Anda gunakan, yaitu linux dan windows. Perbedaan linux dan windows sendiri akan diuraikan pada bahasan selanjutnya.

Perbedaan Linux dan Windows

Linux dan windows merupakan dua sistem operasi terbesar yang paling banyak digunakan berbagai pengguna komputer. Sistem operasi linux terdiri dari berbagai jenis varian dengan segi kernel yang tetap sama. Sementara itu, windows juga memiliki berbagai jenis, terdiri dari windows NT sampai windows 10 yang paling terbaru. Untuk memilih sistem operasi yang Anda gunakan sehari-hari dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk menentukannya bisa melihat perbedaan linux dan windows di bawah ini.

Windows vs Linux
Windows vs Linux

1. Perbedaan dari Segi Harga

Sistem operasi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia ialah Windows. Bahkan banyak sistem operasi Windows bajakan yang tersebar karena tersedia mentahannya. Di samping itu, banyak orang yang melakukan tracking pada sistem aktivasi windows.

Dengan adanya windows bajakan ini menandakan bahwa sistem operasi windows bukan sebuah sistem operasi yang gratis. Berbeda dengan sistem operasi linux yang berbasis open souce alias gratis. Untuk menggunakan aplikasi Linux yang asli Anda tidak perlu membayar apapun.

2. Perbedaan dari Segi Tampilan

Untuk tampilan Windows bisa dikatakan lebih baik daripada Linux. Hal ini dikarenakan Windows mampu menghadirkan tampilan antarmuka yang ramah. Untuk Linux sendiri tampilannya relatif lebih tertinggal. Saat ini, Windows dan Linux tengah bersaing menghadirkan tampilan yang nyaman untuk digunakan para penggunanya. Terkait rekomendasi sistem operasi yang aman untuk digunakan, dari segi tampilan Anda dapat memilih sistem operasi yang memudahkan aktivitas Anda.

3. Perbedaan dari Segi Keamanan

Di atas sempat disinggung bahwa Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan. Salah satu alasannya ialah karena pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi. Akan tetapi, semakin banyak yang menggunakan windows, virus yang dikembangkan juga semakin banyak.

Sedangkan Linux cenderung lebih aman karena tidak ada yang mengembangkan virus di dalamnya. Untuk menjalankan aplikasi dalam sistem operasi Linux pun berbeda dengan Windows.

4. Ketersediaan Perangkat Lunak

Pada sistem operasi windows banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan, mulai dari aplikasi perkantoran, multimedia, dan permainan. Banyaknya aplikasi tersebut dikarenakan banyak developer yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi di Windows.

Permainan yang membutuhkan grafis tinggi pun dapat dibuka melalui sistem operasi Windows. Sementara sistem operasi Linux tidak bisa instal permainan dengan grafis tinggi, meskipun gratis. Ketersediaan perangkat lunak menjadi salah satu perbedaan linux dan windows yang paling umum.

5. Perbedaan dari Segi Penggunaan Sistem Operasi

linux
linux

Pada umumnya sistem operasi Windows lebih banyak digunakan pada komputer yang digunakan pekerjaan kantoran. Pelajar atau mahasiswa juga membutuhkan Windows untuk aktivitas komputasi sehari-hari. Untuk Linux lebih cenderung digunakan sebagai sistem operasi yang membutuhkan kemanan yang tinggi. Misalnya seperti komputer server yang sifatnya rahasia, administrasi LAN kantor, dan lain sebagainya.

Demikianlah perbedaan linux dan windows yang perlu Anda pahami sebelum menggunakannya. Untuk memilih di antara keduanya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan komputasi Anda. Apabila Anda seorang gamers, maka lebih baik memilih sistem operasi windows.

Leave a Comment

Your email address will not be published.