Hakikatnya anak dalam masa tumbuh dan berkembang adalah bermain. Jika zaman dahulu anak lebih aktif main di luar dengan teman sebayanya, maka berbeda dengan zaman sekarang. Semakin majunya perkembangan teknologi juga turut mempengaruhi aktivitas bermain anak.

Banyaknya game smartphone yang ada membuat banyak anak melupakan permainan tradisional yang sejatinya lebih menyenangkan dibandingkan dengan game smartphone. bahkan, kebiasaan anak memainkan smartphone juga sudah mulai terlihat dimana banyak anak Tk yang pulang sekolah namun yang pertama kali dicari adalah Smartphone.

Hal ini membuktikan bahwa banyak anak yang sudah mulai kecanduan smartphone. lalu, bagaimana cara menjaga anak dari kecanduan smartphone? padahal perkembangan teknologi semakin hari semakin maju saja.

Tentunya sebagai orang tua Anda khawatir dengan anak yang mulai malas bermain di luar, susah makan dan hanya ingin bermain smartphone saja. agar anak tidak mengalami kecanduan, Anda perlu menerapkan cara menjaga anak dari kecanduan smartphone di bawah ini.

  1. Membatasi Kebiasaan Bermain Smartphone Pada Anak

Ciri-ciri anak yang sudah kecanduan smartphone adalah bisa dilihat dari tingkah lakunya yang tidak bisa jauh dari smartphone. Untuk mengatasi hal ini sebagai orang tua Anda harus lebih cerdas dalam mendidik anak.

Batasi penggunaan smartphone pada anak misalnya di hari minggu saja. Bukan seharian, namun harus Anda tentukan juga jamnya. Jika anak merengek menangis minta smartphone, sebagai orang tua Anda harus bisa menenangkannya namun tetap tidak memberikan smartphone.

Buatlah perjanjian antara Anda dan anak mengenai kapan dan jadwal anak bisa bermain smartphone. dengan demikian, anak akan bisa terhindar dari bahaya kecanduan smartphone saat ini.

  • Membatasi Jaringan Internet di Rumah

Saat ini banyak rumah yang sudah memasang jaringan internet sendiri di rumah yang disebut dengan WiFi. Adanya WiFi tentunya memudahkan Anda dalam mencari informasi dan berselancar di dunia maya.

Namun yang namanya internet tidak semuanya mengandung hal positif. Apa jadinya jika anak menggunakan smartphone dan membuka sesuatu melalui jaringan internet yang tidak diperbolehkan.

Tentunya hal ini sangat berbahaya, untuk itu sebaiknya batasi penggunaan jaringan internet saat di rumah. boleh-boleh saja anak diajari menggunakan jaringan internet. Namun, tetap harus dalam pengawasan orang tua yang ketat.

  • Beri Anak Kesibukan

Cara menjaga anak dari kecanduan smartphone selanjutnya adalah memberi kesibukan pada anak. Saat anak sibuk melakukan berbagai macam kegiatan, tentunya ia akan lupa dengan smartphone yang biasa dimainkan.

Beri anak kesibukan yang bermanfaat seperti les bahasa, les piano, les balet atau les-les lainnya. Dengan demikian waktu yang biasa anak habiskan untuk menggunakan smartphone bisa berkurang secara otomatis.

  • Diskusi Dengan Anak

Cara menjaga anak dari kecanduan smartphone lainnya adalah dengan berdiskusi dengan anak dari hati ke hati. Masuklah ke dunia anak dan jelaskan dengan baik bahwa memainkan smartphone terus menerus tidaklah baik.

Sampaikan juga bahwa larangan yang Anda lakukan bertujuan untuk kebaikan anak. Sampaikan apa saja dampak negatif yang diterima jika sampai anak kecanduan bermain smartphone. Dengan begitu anak akan mengerti dan mulai membatasinya sendiri.

Beberapa tips cara menjaga anak dari kecanduan smartphone di atas bisa Anda gunakan untuk menjaga anak dari bahaya bermain smartphone terlalu sering. Dalam segi kesehatan dan psikologis, membiarkan anak bermain smartphone tentunya tidak baik. Namun, banyak orang tua yang membiarkannya begitu saja hanya karena ingin anak tidak rewel setiap harinya. Padahal hal tersebut sama sekali tidak mendidik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here